Tuesday, May 29, 2007

Pencemaran Pestisida, Dampak dan Upaya Pencegahannya; Adistya Prameswari., S.Pi., M.Kes

PENCEMARAN PESTIDA,
DAMPAK DAN UPAYA PENCEGAHANNYA
Oleh : Adistya Prameswari., S.Pi


ABSTRACT


Now days, globalization and country development has big contribution to environmental interference and we have become accustomed to natural resources exploitation. Human activity always producing gas, liquid, and solid wastes. It will threaten the environment if there are not appropriate treatment.

One of the hazardous material is pesticide. It is use to exterminate plant disease, insect, pest, and plaque caused by the plant hopper. Pesticide is common use for plant, animal, etc. For pesticide management it is necessary to regulate pesticide using. it is must be safe for operator, plant, and environment.
key words : Pesticide, environment, pesticide management


PENDAHULUAN


Perkembangan serta peningkatan pembangunan nasional Indonesia didukung dengan meningkatnya sektor industrialisasi, yang tentu memerlukan ketersediaan sarana-sarana yang mendukung lancarnya proses industrialisasi itu sendiri, dan salah satu cara adalah dengan meningkatkan sektor pertanian.
Sektor pertanian merupakan sektor andalan di Indonesia, bahkan juga di dunia. Fakta bahwa daerah iklim di bumi berdasarkan pada banyaknya sinar matahari yang masuk terbagi menjadi 4, yaitu:



  1. Daerah iklim tropis, 0o – 23,5o LU/LS

  2. Daerah iklim sub tropis, 23,5o – 40o LU/LS

  3. Daerah iklim sedang, 40o – 66,5o LU/LS

  4. Daerah iklim dingin, 0o – 23,5o LU/LS

Hanya 27% daerah di bumi ini memiliki iklim tropis. Iklim tropis hanya mengalami 2 musim sepanjang tahunnya, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Dengan hanya mengalami 2 musim, maka daerah dengan iklim tropis dapat melakukan kegiatan bercocok tanam sepanjang tahun. Luas wilayah Indonesia adalah sebesar 11% dari 27% total wilayah dengan iklim tropis. Dengan fakta tersebut diatas maka Indonesia selayaknya dapat menjadi gudang pangan dunia. Indonesia bisa melakukan kegiatan bercocok-tanam sepanjang tahunnya. Namun, pada kenyataannya potensi Indonesia, dimana seharusnya dapat mensuplai pangan baik dalam maupun luar negeri, belum bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan baik. Kenyataan yang terjadi di Indonesia saat ini, banyaknya busung lapar, mayoritas masyarakat Indonesia memiliki penghasilan dibawah rata-rata, masih banyak desa-desa tertinggal dan Indonesia mengimport beberapa komoditas pertanian guna mencukupi kebutuhan pangan Indonesia. Melihat kenyataan yang terjadi di Indonesia khususnya pada sektor pertanian, maka ada sesuatu yang salah yang terjadi pada komoditas hasil panen dan juga lahan pertanian Indonesia. Untuk itu, perlu kita mencari beberapa faktor yang memungkinkan turunnya produktivitas baik secara kuantitas maupun kualitas dari produk pertanian Indonesia.
Sektor pertanian memerlukan berbagai sarana guna mendukung agar dapat tercapainya hasil yang memuaskan dan terutama dalam mencukupi kebutuhan nasional di bidang pangan/ sandang dan juga dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia, yaitu dengan cara mengekspor hasil ke luar negeri.
Beberapa sarana yang mendukung pertanian antara lain Alat-alat pertanian, Pupuk buatan ( Urea, TSP, NPK, Za dan sebagainya), bahan-bahan kimia tambahan, termasuk didalamnya pestisida. Menurut http://www.pusri.co.id/, (2006) bahan-bahan kimia yang sering digunakan pada lahan pertanian antara lain :



  1. Amoniak (NH3), biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk Za, Urea dan Phonska.

  2. Nitrat (NO3), merupakan bahan kimia untuk pembuatan pupuk Urea, ZA, PHONSKA,

  3. Amonium nitrat (AN), Calsium Amonium Nitrat (CAN), Diamonium Phosphate (DAP),

  4. Monoamonium Phosphate (MAP dalam bentuk Asam nitrat, amonium nitrat.

  5. Nitrit, bahan baku pembuatan pupuk buatan.

  6. Phospat, Asam fosfat merupakan bahan baku untuk pembuatan pupuk SP-36.

  7. Sulfat (H2SO4), merupakan bahan baku untuk pembuatan pupuk ZA dan SP-36.

Pestisida, ”Pest Killing Agent” merupakan obat-obatan atau senyawa kimia yang umumnya bersifat racun, digunakan untuk membasmi jasad pengganggu tanaman, baik hama, penyakit maupun gulma.
Pemberian tambahan pestisida pada suatu lahan, merupakan aplikasi dari suatu teknologi yang pada saat itu, diharapkan teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas, membuat pertanian lebih efisien dan ekonomis. Namun, pestisida dengan intensitas pemakaian yang tinggi, dan dilakukan secara terus-menerus pada setiap musim tanam akan menyebabkan beberapa kerugian, antara lain residu pestisida akan terakumulasi pada produk-produk pertanian dan perairan, pencemaran pada lingkungan pertanian, penurunan produktivitas, keracunan pada hewan, keracunan pada manusia, berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Manusia akan mengalami keracunan, baik akut maupun kronis yang berdampak pada kematian.
Bahan-bahan kimia, telah dapat dibuktikan dengan nyata dan jelas memberi dampak buruk, dalam hal ini pestisida. Negara-negara di dunia yang sedang berkembang, yang mencakup kebutuhannya sendiri dalam bidang pangan/ sandang, penggunaan bahan-bahan kimia pada pertanian dianggap membantu pada kemajuan dan perkembangan pertanian selanjutnya. Namun, pada negara-negara berkembang, telah sadar benar bahwa bahan kimia justru sebagai penyebab utama terjadinya pencemaran lingkungan. Oleh karena itu negara berkembang telah mengurangi penggunaan bahan kimia, dan lebih menyukai produk-produk pertanian yang organik/ bebas bahan kimia, serta ramah lingkungan (Ton, 1991).
Namun, di Indonesia menerapkan budidaya pertanian yang ramah lingkungan/ organik, masih dirasa sulit. Adapun kendala-kendala yang terjadi, antara lain:



  1. Belum terjangkaunya harga untuk bahan-bahan tambahan organik, oleh petani.

  2. Budidaya pertanian dengan menggunakan bahan dan produk organik membutuhkan penanganan yang lebih serius dan telaten.

  3. Faktor lahan yang bersifat hamparan, di satu petak murni menggunakan organik, namun petak yang bersebelahan tetap menggunakan bahan tambahan kimia, dalam hal ini pestisida kimia. Secara tidak langsung pestisida tersebut masuk ke dalam lahan yang organik dan mencemari lahan tersebut.

  4. Tanaman yang tidak menggunakan pestisida sama sekali lebih rentan untuk terserang hama dan penyakit. Hal ini mengakibatkan rendahnya produksi.

  5. Produk pertanian kurang awet, mudah busuk.

  6. Tingginya biaya operasional dan rendahnya hasil produksi (tonase) menyebabkan tingginya harga jual produk hasil pertanian organik. Hal tersebut, menyebabkan produk tidak bisa mendapatkan pasar lokal.

Melihat dari fakta dan dilema di masyarakat Indonesia, untuk itu, perlu diketahui peranan, pengaruh serta penggunaan pestisida secara baik dan benar, sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran pada lingkungan pertanian, dan juga kesehatan manusia serta lingkungannya.


PENGERTIAN PESTISIDA


Definisi dari pestisida, ”pest” memiliki arti hama, sedangkan ”cide” berarti membunuh, sering disebut ”Pest Killing Agent”. Adalah semua bahan yang digunakan untuk:



  1. Membunuh

  2. Mencegah

  3. Mengusir

  4. Mengubah hama.

  5. Dan atau, bahan yang digunakan untuk:

  6. Merangsang

  7. Mengatur

  8. Mengendalikan tumbuhan.

Pestisida dalam praktek penggunaannya digunakan bersama-sama dengan bahan lain misalnya dicampur minyak untuk melarutkannya, air pengencer, tepung untuk mempermudah dalam pengenceran, penyebaran dan penyemprotannya. Adapun bubuk yang dicampur sebagai pengencer (dalam formulasi dust), atraktan (misal bahan feromon) untuk pengumpan, bahan yang bersifat sinergis untuk menambah daya racunnya, dan lain sebagainya (Tarumingkeng, 1992).


KLASIFIKASI PESTISIDA


Menurut Soemirat (2003), pestisida dapat diklasifikasikan berdasarkan organisme target, struktur kimia, mekanisme dan atau toksisitasnya.
Klasifikasi berdasarkan organisme targetnya, adalah:



  1. Insektisida berfungsi untuk membunuh atau mengendalikan serangga.

  2. Herbisida berfungsi untuk membunuh gulma.

  3. Fungisida berfungsi untuk membunuh jamur atau cendawan.

  4. Algasida berfungsi untuk membunuh alga.

  5. Avisida berfungsi untuk membunuh burung serta pengontrol populasi burung.

  6. Akarisida berfungsi untuk membunuh tungau atau kutu.

  7. Bakterisida berfungsi untuk membunuh atau melawan bakteri.

  8. Larvasida berfungsi untuk membunuh larva.

  9. Molusksisida berfungsi untuk membunuh siput.

  10. Nematisida berfungsi untuk membunuh cacing.

  11. Ovisida berfungsi untuk membunuh telur.

  12. Pedukulisida berfungsi untuk membunuh kutu atau tuma.

  13. Piscisida berfungsi untuk membunuh ikan.

  14. Rodentisida berfungsi untuk membunuh binatang pengerat.

  15. Presida berfungsi untuk membunuh pemangsa atau predator.

  16. Termisida berfungsi untuk membunuh rayap.

Klasifikasi pestisida berdasarkan ketahanannya di lingkungan, maka pestisida dapat dikelompokkan atas dua golongan yaitu:
Resisten, dimana pestisida meninggalkan pengaruh terhadap lingkungan. Pestisida organochlorine, termasuk pestisida yang resisten pada lingkungan dan meninggalkan residu yang terlalu lama dan dapat terakumulasi dalam jaringan melalui rantai makanan, contohnya DDT, Cyclodienes, Hexachlorocyclohexane (HCH), endrin.
Kurang Resisten, adalah pestisida yang mempunyai pengaruh efektif hanya sesaat saja, dan cepat terdegradasi di tanah. Pestisida organofosfate merupakan pestisida yang kurang resisten, contoh Disulfoton, Parathion, Diazinon, Azodrin, Gophacide, dan lain-lain (Sudarmo, 1991).
Departemen Kesehatan (1998), menyatakan bahwa persentase penggunaan pestisida di Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Insektisida 55,42 %.
2. Herbisida 12,25 %.
3. Fungisida 12,05%.
4. Repelen 3,61%.
5. Bahan pengawet kayu 3,61%.
6. Zat pengatur pertumbuhan 3,21%.
7. Rodentisida 2,81%.
8. Bahan perata/ perekat 2,41%.
9. Akarisida 1,4%.
10. Moluskisida 0,4%.
11. Nematisida 0,44%.
12. Ajuvan serta lain-lain berjumlah 1,41%.


PESTISIDA UNTUK PERTANIAN DAN DAMPAK TERHADAP KESEHATAN


1. Insektisida
Pestisida dengan jenis insektisida memiliki angka presentase tertinggi di Indonesia. Hal ini dikarenakan pemakaiannya untuk lahan pertanian. Pestisida dengan jenis insektisida ini dapat diklasifikasikan atas dasar rumus kimia, mekanisme kerja dan jenis racun.
Menurut Ecobichon, dalam Ruchirawat (1996), klasifikasi insektisida berdasarkan rumus kimianya:
1. Organochlorin, golongan ini terdiri atas ikatan karbon, klorin, dan hydrogen. Insektisida jenis ini masih digunakan di negara-negara yang sedang berkembang terutama pada daerah ekuator, karena murah, daya kerja yang efektif dan sifatnya yang resisten. Organochlorin dibagi dibagi dalam beberapa bagian :
a. Dichlorodifenil etan, misal DDT, DDD, portan, metasichlor dan metiochlor.
b. Siklodin, misal aldrin, dieldrin, heptachlor, chlordane dan endosufan.
c. Sichloheksan benzene terklorinasi, antara lain HCB, HCH
Sedangkan gejala keracunan akut dan kronis akibat Organochlorin dapat dilihat pada Tabel 1 berikut
Tabel 1. Gejala Keracunan Akut dan Kronis akibat Organochlorin
Kelas Insektisida
Gejala Akut
Gejala Khronis
Diklorodifeniletan
DDT
DDD
DMC
Dicofol
Methoksiklor
Klorbenzilat
Paresthesia, ataksia, berjalan tidak normal, pusing, sakit kepala, mual, lemah, letargi, tremor
Kehilangan berat badan, napsu makan berkurang, kurang darah, tremor, otot lemah, pola EEG berubah, hipereksitabilitas, cemas tekanan saraf
Heksaklorosiklohexane
Lindane ( isomer gamma )
Benzene ( hexakloride mixed isomer )
Pusing, sakit kepala, mual, muntah, motor hiopereksitabilitas hipereflexia, kejang otot, rasa sakit menyeluruh, kejang – kejang, umumnya sawan
Pusing, sakit kepala, hipereksitabilitas, hiperrefleksia, kejang otot, psikologis, termasuk insomnia, cemas, irritabilitas, pola EEC berubah, kehilangan kesadaran, epilepsi, sawan.
Siklodin
Endrin
Telodrin
Isodrin
Endosulfan
Heptachlor
Aldrin
Dieldrin
Klordane
Toxafene
Klordekon ( kepone )
Hirex
Rasa sakit pada dada, arthralgia, iritasi kulit, ataxia, tidak ada koordinasi, bicara kurang jelas, penglihatan terganggu, kehilangan memori terkini, depresi, kelemahan pada otot, tremor pada tangan, spermatogenesis sangat terganggu
Sumber: Ecobichon dalam Ruchirawat & Shank, 1996.
Gambar 1. Struktur kimia Organochlorin
2. Organofosfat, golongan ini terdiri dari ikatan karbon dan fosfat.
Gambar 2. Struktur Kimia Organofosfat
Karbamat
Gambar 3. Struktur Kimia Karbamat
4. Piretroid, terbagi menjadi dua jenis :
a. Piretroid alam, Piretrum merupakan insektisida alami terbuat dari ekstrak bunga chrysantheum, Phyretrum cinerariaefollium (Dalmatian insect flower). Insektisida ini sangat efektif. Merupakan racun syaraf, meskipun toksisitasnya jarang terlihat pada mamalia. Gejala keracunan akibat piretroid ini adalah parestesia (kebal, kesemutan pada kulit), eksitasi saraf, tremor, konvulsi, paralisis dan kematian.
b. Piretroid sintetik, sintetik ester dapat dibagi menjadi 2 sub golongan yang didasarkan pada struktur dan gejala keracunan, yaitu :
1) Tipe pertama (T sindrom) Alletrin, Tetrometrin dan Phenotrin, dimana efek yang dihasilkan menyerupai efek DDT.
2) Tipe kedua (CS Sindrom) semua ester mengandung sianida, seperti Fenvolerat, Deltametrin dan Cifenometrin (S 2703), (Soemirat, 2003).
Gambar 4. Struktur Kimia Piretroid
Jenis dan efek dari Pestisida jenis Insektisida Piretroid dapat dilihat pada Tabel 2 berikut ini.
Tabel 2. Jenis dan Efek Piretroid
No
Piretroid Tipe I
Sindrom T
Piretroid Tipe I
Sindrom CS
1
Hipereksitasi
Hipersensitif
2
Ataxia
Koreoatetosis dengan air liur
3
Sawan
Tremor
4
Paralisis
Paralisis
5
Menyebabkan penyaluran saraf terus menerus
Menyebabkan depolarisasi
Sumber: Soemirat, 2003.
Klasifikasi insektisida berdasarkan mekanisme kerjanya:
1. Organoklorin dan piretroid
2. Organofosfat dan karbamat. Jenis insektisida ini sering disebut sebagai insektisida antikolinesterase, karena keduanya memiliki efek yang sama dalam sistem syaraf (perifer dan pusat), walaupun masing-masing memiliki ikatan dan struktur kimia yang berbeda. Gejala keracunan insektisida jenis organofosfat, dijelaskan pada Tabel 3.
Tabel 3. Gangguan Keracunan Organofosfat
Jaringan saraf dan reseptor
Tempat
Manifestasi
Parasimaptik dan otonom (reseptor muskarinik) paska ganglionik neuron
Kelenjar exocrine Mata
Peningkatan kelenjar ludah, kelenjar air mata, berkeringat, miosis, ptosis, penglihatan kabur, konjunctiva merah, air mata berdarah
Saluran pencernaan
Mual, muntah, sakit tulang belakang, diare, buang air tidak menentu, pembekakan dan kram, tenesmus
Saluran pernafasan
Excessive bronchial secretion, rhinorrhea, wheezing, pembengkakan, dada tertekan, bronchospasms, bronchoconstriction, batuk, bradypnea, dypspnea.
Sistem Kardiovaskuler
Detak jantung menurun, penurunan tekanan darah
Ginjal
Frekuensi pengeluaran urin tidak kontinyu
Saraf otonom parasimpate-tik dan simpatetik nikotinik, saraf somatic / motorik nervefibers nikotinik
Sistem Kardiovaskuler
Tachycardia, pallor, kenaikan tekanan darah
Otot kerangka
Fasikulasi otot ( kelopak mata , otot wajah yang kaku ), kram, penurunan refleks pada tendon, kelemahan pada otot , pada perifer dan paralisis otot pernafasan, kaku atau lemas, tidak tenang, reaksi motorik secara umum pada stimuli akustik, tremor, emosi labil, dan ataxia.
Otak ( reseptor asetilkoline )
Sistem syaraf pusat
Mengantuk, lemah, bingung, tidak dapat konsentrasi , sakit kepala, tekanan pada kepala, kelemahan menyeluruh, coma tanpa reflek, tremor, respirasi cheyne-stokes, dispnea, konvulsi, depresi pada pusat pernafasan, sianosis.
Sumber: Ecobichon dalam Ruchirawat, 1996.
Sedangkan klasifikasi insektisida berdasarkan jenis racunnya yaitu:
1. Racun sistemik yaitu racun yang dapat menimbulkan keracunan di seluruh tubuh.
2. Racun kontak yaitu racun yang dapat diserap bila ada kontak kulit dengan insektisida.
Klasifikasi insektisida ditinjau dari mekanisme terjadinya efek, dapat dilihat pada Tabel 4 berikut
Tabel 4. Klasifikasi Insektisida Ditinjau dari Mekanisme Terjadinya Efek
Kelas
Sub – Golongan
Mekanisme terjadinya Efek
Organoklor
Tipe DDT
Umumnya terjadi pada perifer pada sistem saraf sensor. Menghasilkan negatif potensial yang lama dengan menginhibisi enzim, yang diperlukan untuk transport ion, hasilnya adalah resisten depolarisasi
Siklodin, derivativ sikloheksan
Umumnya terjadi pada SSP dengan menginhibisi ion transport enzim dan memblok GABA, termasuk dalam transport klorida, menghasilkan ikatan polar yang resisten.
Piretroid
Piretroid alamiah
Sama dengan piretroid buatan dibawah, tetapi juga menyebabkan reaksi alergi
Piretroid buatan tipe I
Menghasilkan potensial negatif lebih lama, sebagian dari sistem perifer saraf, hampir sama dengan DDT. Inhibisi transport, menyebabkan ikatan polar yang resisten. Juga menginhibisi GABA disebabkan transport Klorida
Piretroid buatan tipe II
Perbedaan antara tipe I dan tipe II ester adalah pada kekuatan dan durasi inhibisi enzim.
Anti kolinesterase
Organofosfat
Inhibisi pada jaringan saraf asetilkolinesterase (AchE) terjadi, pada keadaan asetilkolin yang tinggi yang tidak dapat didegradasi dengan rangsangan berlebih.
Karbamat
Berbeda sedikit dalam gejala, karbamat manginhibisi AchE secara reversible, organofosfat menginhibisi menjadi lebih resisten.
Sumber : Ecobichon dalam Ruchirawat, 1996.
2. Herbisida
Herbisida berfungsi untuk mengendalikan dan membunuh gulma. Termasuk di dalamnya berbagai jenis ikatan kimia, seperti karbamat, phenol, triazines, anilin, asam amino dan lain-lain. Pada umumnya herbisida menunjukkan toksisitas yang rendah pada vertebrata, tetapi senyawa bispiridil atau biasa disebut sebagai paraquat dan diquat sangat beracun. Herbisida berupa asam kuat, amin, ester atau fenol yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan dermatitis (Notodarmojo, 2005).
3. Fungisida
Bahan yang digunakan secara ekstensif sebelum dan sesudah panen, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada tumbuhan akibat spora fungi, pada kondisi di bawah optimum terutama kelembaban dan temperatur. Fungisida biasanya menyebabkan efek akut pada manusia dengan LD50 : 800-10000 mg/kg berat badan. Bila terpapar oleh fungisida, maka akan terjadi iritasi dan dermatitis. Kebanyakan fungisida dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan, selaput lendir, membran mata, dan hidung. Semua bersifat sitotoksik, dan karena mutagenik dapat menyebabkan mutasi, kanker dan teratogenik. Beberapa fungisida yang umum digunakan adalah ditiokarbamat, terutama etilen bisditio karbamat kelompok yang didegredasi menjadi etilen tio urea yang diketahui sebagai anti tiroid, zat mutagenik, karsinogenik dan teratogenik. Merkuri organik beracun bagi hati, ginjal dan terutama pada sistem syaraf (pusat dan perifer). Salah satu diantaranya menyebabkan penyakit Minamata.
4. Rodentisida
Pengawasan binatang pengerat merupakan aspek yang sangat penting pada saat sebelum dan sesudah panen, juga untuk mengawasi penyakit. Rodentisida tersusun dalam berbagai struktur kimia yang mekanisme kerjanya juga bervariasi tergantung pada spesies yang menjadi targetnya. Bila secara kebetulan maupun sengaja termakan, rodentisida bisa mengakibatkan keracunan yang serius terutama karena dosisnya yang tinggi, sehingga menimbulkan gejala yang parah dan tidak ada antidotumnya. Beberapa jenis rodentisida adalah:
Zink phosphide (Zn3P2), merupakan rodentisida yang murah dan efektif, bila termakan ataupun bereaksi dengan air akan melepaskan phosphine, tidak stabil dan merupakan molekul reaktif yang menyebabkan kerusakan membrane sel.
Fluoro asetat, berbau dan berasa. Mudah terserap pada usus dan menginhibisi enzym, umumnya terhadap semua spesies yang termasuk dalam metabolisme glukosa, akhirnya menimbulkan efek terhadap jaringan yang menyimpan energi.
Alfa naftil tiourea, harus diaktifkan dalam jaringan agar reaktif dan merupakan racun sedang yang menyebabkan pelebaran cairan pada bagian luar sel yang berada pada paru-paru, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada peredaran darah.
Kumarin/indandion, adalah antikoagulan. Menyebabkan pendarahan pada hidung, saluran pencernaan dan juga persendian.
5. Fumigan
Fumigan merupakan kelompok zat yang dapat mudah menguap secara alamiah. Beberapa fumigan berada dalam bentuk gas pada temperatur ruang dan yang lain dalam bentuk cair dan padat. Fumigan umumnya mudah diserap oleh kulit, saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Bila mata terpapar oleh fumigan, maka akan menyebabkan korosi pada kornea. Absorbsi kulit akan menimbulkan edema pada paru-paru.
Pestisida memiliki cukup banyak dampak yang sangat merugikan bagi kehidupan manusia dan lingkungan pertanian. Bagaimana cara untuk tetap menggunakan pestisida, guna membantu mempertahankan produksi hasil panen namun tidak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan, hasil panen dan berdampak buruk terhadap kesehatan. Perlu dipikirkan suatu manajemen dalam penggunaan pestisida secara baik dan benar.
PESTISIDA DI LINGKUNGAN
1. Masuknya Pestisida ke Dalam Tubuh Manusia
Pestisida dapat masuk ke dalam tubuh manusia dengan cara :
Melalui saluran makanan.
Melalui saluran pernafasan.
Melalui kulit.
Keracunan Pestisida.
2. Residu Insektisida dalam Tanah
Penyemprotan pestisida akan berada di udara yang lama kelamaan akan jatuh ke tanah. Untuk jenis pestisida yang tidak mudah menguap akan berada di dalam tanah terutama dari golongan organoklorin karena sifatnya yang persisten. Walaupun pestisida di dalam tanah dapat diuraikan atau didegradasi oleh mikroorganisme. Seperti fenitrothion dapat terdegradasi oleh Bacillus subtilis menjadi aminofenitrothion. Sedangkan Falvobacterium sp. ATCC 27551 dan Trichoderma viride dapat mendegradasi menjadi 3-Methyl-4nitrophenol (Soemirat, 2003). Tanah di daerah Lembang dan di Gambung-Bandung mengandung residu jenis pestisida Klorpirifos dengan konsentrasi antara 0,136 ppm dalam tanah Lembang dan 0,699 ppm dalam tanah Bgambung ( Rosliana, 2001 ).
3. Residu Insektisida dalam Air
Pestisida yang disemprotkan dan yang sudah berada di dalam tanah dapat terbawa oleh air hujan atau aliran permukaan sampai ke badan air penerima, berupa sungai dan sumur. Beberapa penelitian mengenai kualitas air yang menekankan pada aspek pestisida ditemukan residu pestisida di irigasi daerah Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, pestisida golongan organofosfat jenis metamidofos, fenitrotion, dan satu jenis dari golongan organoklorin yaitu alpha – BHC ( Mulyatna, 1993). Hal ini tentunya berbahaya karena residu pestisida tersebut dapat masuk ke dalam tanaman pertanian misalnya padi yang menggunakan air irigasi tersebut. Dan di samping itu juga dapat merusak ekosistem perairan. Dalam air baku air minum juga ditemukan residu organofosfat jenis klorpirifos di Surabaya Intake Kali Surabaya : 3,15 ppm, di Bandung Intake Cikapundung : 0,29 ppm, di Jakarta Intake Ciliwung : 0,73 ppm dan di Tangerang Intake Cisadane : 0,36 ppm. Air dari Intake PDAM ini tentunya akan diolah kemudian didistribusikan kepada masyarakat. Yang dikhawatirkan adalah apabila unit pengolahan di PDAM tidak dapat mendegradasi insektisida, dan air tersebut akan digunakan sebagai air minum, yang tentunya akan berbahaya bagi kesehatan manusia.
4. Residu Insektisida di Udara
Pestisida dapat berada di udara setelah disemprotkan dalam bentuk partikel air (droplet) atau partikel yang terformulasi jatauh pada tujuannya. Kebanyakan penggunaan pestisida ini dilarutkan dengan air. Partikel pestisida berukuran 200 mm, dalam waktu 56 detik akan jatuh pada 21 m, sedangkan partikel dengan ukuran 50 mm jatuh 3 cm dalam waktu 3,5 detik (Soemirat, 2003). Di samping itu partikel / aerosol pestisida tersebut juga dapat jatuh pada tanaman, pada tanah, dan air.
5. Residu Insektisida pada Tanaman
Insektisida yang disemprotkan pada tanaman tentu akan meninggalkan residu. Residu insektisida terdapat pada semua tubuh tanaman seperti batang, daun, buah, dan juga akar. Khusus pada buah, residu ini terdapat pada permukaan maupun daging dari buah tersebut. Walaupun sudah dicuci , atau dimasak residu pestisida ini masih terdapat pada bahan makanan. Sebagai contoh residu insektisida golongan organofosfat pada berbagai jenis sayuran seperti bawang merah 1,167 – 0,565 ppm, kentang 0,125 – 4,333 ppm, cabe dan wortel mengandung : profenofos 6,11 mg/kg, detalmetrin 7,73 mg/kg, klopirifos 2,18 mg/kg, telubenzuron 2,89 mg/kg, permetrin 1,80 mg/kg (Soemirat, 2003). Tomat yang tidak dicuci mengandung profenofos rata –rata 0,096 mg/kg, sedangkan tomat yang dicuci masih mengandung 0,059 mg/kg. Insektisida karbofuran, klorpirifos dan lindan didistribusikan ke daun, batang, pada dan beras dan residu insektisida lindan merupakan residu yang tertinggi. Dengan demikian bahan pangan yang masih mengandung residu insektisida ini akan termakan oleh manusia dan tentunya dapat menimbulkan efek dan berbahaya terhadap kesehatan manusia.
6. Residu Pestisida di Lingkungan Kerja
Pestisida kebanyakan digunakan di pertanian, sehingga perlu sedikit diketahui bahwa insektisida ini dapat menimbulkan masalah kesehatan pekerja di pertanian atau petani termasuk juga pencampur pestisida. Kebanyakan petani di
Indonesiamengetahui bahaya pestisida, namun mereka tidak peduli dengan akibatnya. Banyak sekali petani yang bekerja menggunakan pestisida tidak menggunakan pengaman seperti masker, topi, pakaian yang menutupi seluruh tubuh dan lain – lain. Apabila alat pengaman tersebut tidak digunakan, pestisida ini dapat masuk ke dalam tubuh melaui kulit, saluran pernafasan. Hasil penelitian yang pernah dilakukan untuk menguji tingkat kesehatan penduduk akibat paparan organofosfat dan karbamat di daerah sentra produksi padi, sayuran, dan bawang merah menunjukkan bahwa aktivitas asetilkolinesterase kurang dari 4500 UI pada daerah petani di Kabupaten Brebes sebanyak 32,53% petani, di Cianjur 43,75% dan di Indramayu 40%. Aktivitas kolinesterase kurang dari 4500 UI ini merupakan indicator adanya keracunan kronis (Soemirat, 2003). Penelitian lain menunjukkan bahwa luas kulit yang terbuka akan mempengaruhi residu pestisida yang masuk kedalam tubuh melalui kulit. Bukan hanya petani, masyarakat yang tinggal di sekitar pertanian juga dapat terpapar oleh pestisida organofosfat. Eksposur insektisida ini dapat juga terjadi pada pekerja di industri insektisida, di Bangladesh 33,7% pekerja dari 265 pekerja yang terpapar insektisida memiliki aktivitas enzim asetilkolinesterase di bawah standar dan 12,5% dalam kondisi bahaya.
7. Tingkat Keracunan Pestisida jenis Insektisida
Menurut Pandit (2006), tingkat keracunan pestisida jenis insektisida dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
Acute poisoning, yaitu keracunan yang terjadi akibat masuknya sejumlah besar pestisida sekaligus ke dalam tubuh, missal kasus salah makan ataupun bunuh diri. Gejala dari keracunan akut, mual, muntah-muntah, sakit kepala, pusing, kebingungan/ panik, kejang otot, lemah otot, sawan.
Sub-acute poisoning, merupakan keracunan yang ditimbulkan oleh sejumlah kecil pestisida yang masuk ke dalam tubuh,namun terjadinya secara berulang-ulang.
Chronic poisoning, yaitu keracunan akibat masuknya sejumlah kecil pestisida dalam waktu yang lama dan pestisida mempunyai kecenderungan untuk terakumulasi dalam tubuh

52 comments:

nicodragon said...

Salam kenal bro..menarik tulisan anda tentang Dampak Pestiside..tapi saya mau nanya semua hal tentang GROMOXONE AKA PARAQUAT..baik itu dampaknya bagi makhluk hidup khususnya manusia..dan adakah antidote-nya jika terminum?..ok tanx ya bro.atas responnya..

dr.Victor Nicolas J.S.
spuit_1@yahoo.com
SUMUT

Anonymous said...

wah....tulisan spt ini yg saya butuhkan
tq ya, ilmunya saya contek utk nambah kapasitas isi kepala :D

Anonymous said...

Hello, as you can see this is my first post here.
I will be glad to receive any assistance at the start.
Thanks and good luck everyone! ;)

Anonymous said...

megan fox in underwear, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187756]megan fox hair[/url] megan fox confessions of a teenage drama queen
kim kardashian and ray j sex tape, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187768]kim kardashian and ray j video[/url] kim kardashian reggie bush
tayloe swift, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187772]taylor swift thong[/url] taylor swift torrent
hannah montana topless, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187786]hannah montana auditions[/url] hannah monntana
harry potter 1 game complete walkthrough, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187792]harry potter ebooks[/url] gay harry potter stories
transfer from fort lauderdale cruise port to miami airport, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187798]cruises to europe/mediterranean[/url] cruise from turkey to morrocco
tickets to justin bieber, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187812]justin bieber sex story[/url] justin bieber charity work/
britney spears producer, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/187814]britney spears boxing[/url] britney spears crotch photo
megan fox actress, [url=http://discuss.tigweb.org/thread/175542]hot bikini megan fox[/url] megan fox upset stomach

Anonymous said...

hi all

I just thought it would be good to introduce myself to everyone!

Can't wait to get to know you all better!

-Marshall

Thanks again!

Anonymous said...

hey


just signed up and wanted to say hello while I read through the posts


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonymous said...

if you guys desideratum to believe [url=http://www.generic4you.com]viagra[/url] online you can do it at www.generic4you.com, the most trusted viagra drugstore asset of generic drugs.
you can sour up with drugs like [url=http://www.generic4you.com/Sildenafil_Citrate_Viagra-p2.html]viagra[/url], [url=http://www.generic4you.com/Tadalafil-p1.html]cialis[/url], [url=http://www.generic4you.com/VardenafilLevitra-p3.html]levitra[/url] and more at www.rxpillsmd.net, the pre-eminent [url=http://www.rxpillsmd.net]viagra[/url] informant on the web. well another great [url=http://www.i-buy-viagra.com]viagra[/url] pharmacy you can find at www.i-buy-viagra.com

Anonymous said...

Allow to pass the beast with two backs casinos? scrutinization this late-model [url=http://www.realcazinoz.com]online casinos[/url] steer and abduct up online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also inhibit our untrained [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] manage at http://freecasinogames2010.webs.com and succeed in material folding spondulix !
another late-model [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] machination is www.ttittancasino.com , in lieu of of german gamblers, pen in magnanimous online casino bonus.

Anonymous said...

Frame the animal with two backs casinos? verify this green [url=http://www.realcazinoz.com]online casino[/url] navigator and horseplay online casino games like slots, blackjack, roulette, baccarat and more at www.realcazinoz.com .
you can also check our lately [url=http://freecasinogames2010.webs.com]casino[/url] hint at http://freecasinogames2010.webs.com and obtain true hard currency !
another new [url=http://www.ttittancasino.com]casino spiele[/url] in the region of is www.ttittancasino.com , because german gamblers, arrange unrestrained online casino bonus.

Anonymous said...

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net][img]http://www.watchtruebloodseries.com/wp-content/uploads/2010/05/truebloodclaude.jpg[/img][/url]

Hey

As you all are big fans of True Blood, i came across this great where you already can watch the first episode of season 1 .
Here is the link where you can watch this great serie, its totally free and you can stream any episode from every season.

Let me know what you think about it!

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net]Watch True Blood Online [/url]

[url=http://www.watchtruebloodseason3.net][img]http://img3.sidereel.com/_episodeimage/size.1/5e00.2.16.jpg[/img][/url]

Anonymous said...

I made a Starcraft Two website found here:

[url=http://www.thedarkshrine.com]Starcraft 2[/url]
http://www.thedarkshrine.com

I will be going to be adding a lot of things to it, such as replays, vods, maps, fpvods, live streams, tools, esports info and much more. There is a wiki there and really could use helpers to assist. I hope you fellas can register as my goal is for this site to be one of the strongest Starcraft II sites online. Please register soon as there will be a tourney. If you have any suggestions please feel free to let me know!

Thanks. Great forum by the way!

Anonymous said...

Mesothelioma is in reality a uncommon archetype of melanoma using the mesothelium, a party lining that programs the fraternity’s in quod bodily organs which consist of the coronary center as proficiently as the lungs, obtained on account of the profit by of the subordination to asbestos or other asbestos materials.

There are three chairman sorts of [url=http://mesothelioma-is.com]Mesothelioma[/url], pleural mesothelioma, peritoneal mesothelioma and pericardial mesothelioma. every description possesses its indications and symptoms, although some indications and indications are comparable to all these three kinds. sufferers who are struggling through the strategy of the stated disorder, championing the most sacrifice do not be struck beside any picture they’ve mesothelioma offered that tons using the discernible indications from a propensity to not normally discernible right away in the wake on from stem to stern the harass of the subjection. This should be the heedful why the consequence is advanced to ascertain and is also recognised repayment for upstanding about any tame prognosis.

Anonymous said...

[url=http://www.freeshippingcheapjerseys.com/]Nfl Jerseys China[/url]

Jesus the model priest did not shun women and children rather he attracted them close to him You'll learn more about the environment, you'll develop survival skills and again, you'll meet new people and share a highly rewarding experience The printer swabs come with six-inch-long sticks

[url=http://www.jjwattjerseys.com/]Nike J.J. Watt Jersey[/url]

This article comes with reprint rights It is contagious and will quickly spread to others Flaws in any of the above would proclaim the inefficiency of the priestGregory R

[url=http://www.broncosauthenticjerseys.com/]Von Miller Jersey[/url]

Anonymous said...

It is for light or dark eyes. north face jackets on sale I had been wanting to try a scalloped hem for a while and it really not that hard at all. http://www.fitghdhair.com Lagos offers a space for its designers to build a world for themselves. north face What Twilio is to voice, or Stripe is to e-commerce, for example.. ghd pretty in pink Shannon is a full-time artist who sells her work direct to the public at art shows in addition to custom work such as gates and railings.

Anonymous said...

Meebo chat rooms can be tailored for specific content to great effect, such as a recent Popular Mechanics online article that generated 20,000 lines of conversation in the first 48 hours. http://www.manyghdhair.com It also been designed to let fans follow multiple teams, games and leagues at the same time, which is of course how the more hardcore footy fans follow the beautiful game anyway.. ugg uk This is the perfect opportunity to show off these features. ugg boots on sale Porter products, advanced generation TECH shopping, a Vanity Fair Library, a barista, complimentary Aesop grooming services, an exclusive glimpse of USA Network TV series Suits 2nd season, and a Mr. ghd sale One extra thing that is worth paying out for is a supply of jewelry presentation boxes.

Anonymous said...

defensive boost & heals them at the prcise sur la rduction du chiffre [url=http://www.baseeur.com/]louboutin outlet[/url]alot They will permit your monk to make use Wealth Attainment Network of North America [url=http://www.baseeur.com/]louboutin outlet uk[/url]personalised gift boxes then come to our of this may be a feeling of completeness but [url=http://www.baseeur.com/]louboutin shoes[/url]gave me a device known as a Bedfan Now to like to browse through our selection of old http://www.baseeur.com[/url] the Filipino community for over 19 years defensive boost & heals them at the

Anonymous said...

Excellent way of telling, and pleasant piece
of writing to get data on the topic of my presentation subject, which i am
going to convey in college.

my webpage In Porno Website

Anonymous said...

Hi, i believe that i saw you visited my website thus i got here to go back the favor?

.I am trying to to find issues to enhance my web site!I guess
its ok to make use of a few of your ideas!
!

Check out my web-site :: click here

Anonymous said...

Magnificent goods from you, man. I've understand your stuff previous to and you're just too excellent.

I actually like what you have acquired here, certainly like
what you are saying and the way in which you say it.
You make it enjoyable and you still care for to keep it smart.
I can not wait to read far more from you.

This is really a tremendous web site.

Also visit my blog: http://prettypetites.net/index.php?own=2311720

Anonymous said...

Its like you read my mind! You appear to know so much about this, like you wrote the book in it or something.
I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is excellent blog.
An excellent read. I will definitely be back.

Feel free to surf to my web page: cheap deals on all inclusive vacations

Anonymous said...

Hi there, You have done an excellent job. I will definitely
digg it and personally suggest to my friends. I am sure they'll be benefited from this site.

My web page - forex signals software

Anonymous said...

I read this paragraph fully regarding the resemblance of latest and preceding technologies, it's awesome article.

Here is my web blog :: http://www.myqwikchat.com/blogs/user/BarrettRei

Anonymous said...

Hello! I've been following your blog for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Austin Texas! Just wanted to tell you keep up the excellent job!

my blog post ... http://www.crafttalk.com/easyblog/entry/hysterical-amount-worthy-of-prada-crocodile-veins-bags.html

Anonymous said...

Attractive section of content. I just stumbled upon your website and in
accession capital to assert that I get in fact enjoyed account your blog posts.
Any way I'll be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently quickly.

Feel free to surf to my homepage :: see more - hotmilf.ws

Anonymous said...

If some one needs expert view about blogging and site-building after that i advise him/her
to pay a visit this web site, Keep up the pleasant work.



Feel free to visit my webpage :: in scholarships

Anonymous said...

Hello! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for
this site? I'm getting fed up of Wordpress because I've had problems with
hackers and I'm looking at options for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

My web blog homepage des autors Besuchen

Anonymous said...

Hey there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be okay. I'm definitely enjoying your blog and look forward to new updates.


Also visit my blog post Homepage von Timothy

Anonymous said...

Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew
of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates.

I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

my weblog - from ponytailed teen gets a cock in the ass

Anonymous said...

Superb, what a webpage it is! This weblog presents useful facts to us, keep it up.


Also visit my homepage costa rica hotel playa hermosa

Anonymous said...

An impressive share! I've just forwarded this onto a co-worker who was doing a little homework on this. And he in fact bought me breakfast due to the fact that I stumbled upon it for him... lol. So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!! But yeah, thanks for spending the time to discuss this subject here on your web site.

Feel free to visit my website - yacht wedding cruise San francisco

Anonymous said...

Does your website have a contact page? I'm having a tough time locating it but, I'd like to shoot you an email.
I've got some creative ideas for your blog you might be interested in hearing. Either way, great blog and I look forward to seeing it develop over time.

Look at my page; click here

Anonymous said...

We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your web site offered us with valuable info to work on. You've done an impressive
job and our whole community will be thankful to you.

my website: Email Console

Anonymous said...

Hi there! This article couldn't be written any better! Looking at this post reminds me of my previous roommate! He continually kept talking about this. I will forward this information to him. Fairly certain he will have a very good read. Many thanks for sharing!

my web-site; http://schlientz.com/modules.php?name=Your_Account&op=userinfo&username=JadaBaldr

Anonymous said...

I've read several good stuff here. Definitely worth bookmarking for revisiting. I surprise how much attempt you set to make one of these wonderful informative site.

Also visit my web blog ... Homepage

Anonymous said...

I'm really impressed along with your writing talents and also with the structure in your weblog. Is this a paid subject matter or did you modify it your self? Either way keep up the excellent high quality writing, it is uncommon to see a great weblog like this one today..

Here is my web site: http://chatclimax.com/free-videochat/BlondeMILF4u

Anonymous said...

I drop a leave a response when I appreciate a post on a website or if I have something to contribute to
the discussion. Usually it's a result of the fire communicated in the post I read. And after this article "Pencemaran Pestisida, Dampak dan Upaya Pencegahannya; Adistya Prameswari., S.Pi., M.Kes". I was excited enough to drop a comment :-) I actually do have some questions for you if you usually do not mind. Could it be only me or does it look like some of the comments look as if they are coming from brain dead folks? :-P And, if you are writing at other online sites, I'd like to follow anything new you have to post.
Could you list all of your communal sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?


Feel free to surf to my webpage http://pilateseastanglia.co.uk/member/47584/

Anonymous said...

Pretty! This was an incredibly wonderful article.

Thanks for providing these details.

Also visit my homepage Learn More

Anonymous said...

Good info. Lucky me I found your site by chance (stumbleupon).
I have book marked it for later!

Here is my weblog - click here

Anonymous said...

Undeniably imagine that that you said. Your favourite justification appeared
to be at the internet the simplest thing to be aware of.

I say to you, I definitely get annoyed while
other people think about issues that they just don't understand about. You controlled to hit the nail upon the top and also outlined out the entire thing with no need side-effects , other people could take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

my web-site ... cute babysitter masturbates in the bedroom after everyone is asleep

Anonymous said...

Good day! Do you know if they make any plugins to protect against hackers?
I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard
on. Any suggestions?

Feel free to visit my blog post ... http://pornharvest.com/index.php?m=2084192

Anonymous said...

Pretty great post. I just stumbled upon your
weblog and wanted to mention that I have truly loved surfing around your blog posts.

In any case I will be subscribing to your rss feed
and I'm hoping you write once more soon!

Stop by my web-site - http://pornharvest.com/index.php?m=2183649

Anonymous said...

Unquestionably consider that that you said.

Your favourite justification appeared to be at the web the easiest thing to be mindful of.
I say to you, I certainly get annoyed while folks think about concerns that they plainly don't recognise about. You managed to hit the nail upon the top and outlined out the entire thing with no need side-effects , people can take a signal. Will probably be again to get more. Thank you

Also visit my web site; helpful site

Anonymous said...

This website was... how do you say it? Relevant!! Finally I have found something that helped me.

Kudos!

Here is my website ... 삭제

Anonymous said...

Hello friends, its great post on the topic of educationand completely explained, keep
it up all the time.

My web site click here

Anonymous said...

You should take part in a contest for one of the best blogs
on the net. I'm going to recommend this blog!

Here is my site :: new ovens for sale

Anonymous said...

Jawbreakers can be found, most of the time, hollow excepting which the super-large 3-3/8 soccer
ball that features a gum-filled service. If you want to create element much more time, you will be
able specific the type of minutter hardly ever turn
off. Over-the-range equipment are likely to be small compared to counter products.
There is the option for selecting from most of the seven pre-set programs-just single click expected the desired cozy
towards the type of loaves of bread one is toasting. Erase at the hands of processer, compress with regard to plastic cards wrapping cold within chiller needed for 30 minutes.


Will it really get any quite a bit easier finally that a majority of?

Having toaster oven in the kitchen is an ideal and / or shortest strategy to set toasts for the entire family.
Further thing you should the individual is able to get more a significant volume
mind total satisfaction as the tailor made closets provide the right design,
different shades, financial plan while novel idea those resemble
and that's the customer been on judgment.

Here is my webpage ... micro ovens of delaware

Anonymous said...

Hello, i believe that i saw you visited my website thus i got here to go
back the want?.I am trying to find issues to enhance my web site!
I suppose its good enough to make use of a few of your concepts!
!

Feel free to visit my blog The wonder in young women is not merely in the very fact they are fun slim and.

Anonymous said...

I am genuinely grateful to the holder of this website who has shared this impressive post at here.


my blog; http://pornharvest.com/index.php?q=Bdsm+Spanking&f=a&p=a

Anonymous said...

Very good post! We are linking to this particularly great article on our site.
Keep up the great writing.

Feel free to visit my webpage Homepage

Anonymous said...

Hi, i believe that i saw you visited my site so i came to return the want?

.I am trying to in finding things to enhance my website!
I suppose its adequate to make use of some of your concepts!

!

my weblog www.chiuchang.org.tw

Anonymous said...

electronic cigarette reviews, electronic cigarette brands, smokeless cigarettes, best electronic cigarettes, e cigarette, electronic cigarette

Serbuk Pengurai limbah said...

mantap gan
menambah wawasan pagi ini
terimakasih